SOAL AGAMA
AGAMA
1.Q.S. Attin merupakan urutan yang ke....di dalam al-Qur'an
A. 95
|
|
B. 96
|
|
C. 97
|
|
D. 98
|
2. Q.S A-Tiin terdiri dari ....ayat.
A.11
|
|
B. 10
|
|
C. 9
|
|
D. 8
|
3. Q.S At-Tiin termasuk ke dalam ayat-ayat atau surah-surah....
A. Makkiyyah
|
|
B. Madaniyah
|
|
C. Misriyyah
|
|
D. Kuffiyyah
|
4. "Laqad khalaqnal insaana fii ahsani taqwiim" merupakan ayat yang ke....dari Q.S. At-Tiin.
A. 7 | B. 6 | C. 5 | D. 4 | |
5. AB. 6llah menegaskan bahwa manusia diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Hal ini tercantum dalam Q.S. At-tiin ayat...
A. 3 | |||||||
B. 4 | |||||||
C. 5 | |||||||
D. 6 |
6. Isi kandungan Q.S At-Tiin ayat ke 8 adalah ....
Manusia diciptakan Allah dalam bentuk yang sebaik-baiknya
|
|
Manusia akan dikembalikan ke neraka
|
|
allah merupakan hakim yang seadil-adilnya
|
|
Orang beriman dan beramal sholeh akan mendapatkan pahala yang tiada putus
|
7. Menurut Q.S At-Tiin, orang yang akan mendapatkan pahala yang tiada putus-putus adalah mereka yang....
Orang yang banyak ilmu dan kaya
|
|
orang yang memiliki kedudukan yang tinggi dan rajin sedekah
|
|
orang yang selalu menunaikan ibadah haji
|
|
orang yang beriman dan beramal sholeh
|
8. "Famaa yukadzdzibuka ba'du biddin" merupakan lafal Q.S At-Tiin ayat....
5
|
|
6
|
|
7
|
|
8
|
9. "Tsumma rodadnaahu asfala saafiliin", kata yang bercetak miring berarti....
Padang mahsyar
|
|
alam barzakh
|
|
neraka
|
|
surga
|
10."Illalladziina aamanuu wa 'amilushshoolihaati falahum ajrun ghairu mamnun" kata yang bercetak miring berarti....
A. orang yang ajin bersedekah
|
|
B. orang yang sering menunaikan haji
|
|
C. orang yang beriman dan beramal sholeh-
|
|
orang yang memiliki ilmu yang banyak
11. Bersikap toleransi antarsesama dapat
mengakibatkan . . . .
a. masalahnya
semakin banyak
b. terjadi
ketimpangan ekonomi di tengah masyarakat
c. terjalin
persatuan dalam mencapai tujuan bersama
d. kekacauan
akibat perbedaan yang ada
12. Sifat toleransi dapat diwujudkan dengan . . . .
a. berbuat baik
kepada setiap orang
b. merasa bebas
untuk melakukan apa pun
c. suka
pilih-pilih dalam berteman
d. bangga dengan
dirinya sendiri
13. Kecenderungan untuk memisahkan diri dari
kehidupan sosial akan mengakibatkan . . . .
a. menumbuhkan
kepercayaan diri
b. kehidupan
berbangsa semakin nyaman
c. hubungan
silaturahmi semakin erat
d. terganggunya
hubungan pergaulan antarsesama
14. Manfaat sifat qanaah dalam kehidupan
bermasyarakat adalah . . . .
a. merasa diri
sendiri sebagai orang yang terhebat
b. menjadi
manusia yang pandai bersyukur
c. menimbulkan
keresahan dalam menjalani hidup
d. menyebabkan
seseorang suka mengungkit-ungkit masa lalu
15. Salah satu cara masuknya Islam ke Nusantara
adalah . . . .
a. perbudakan
penduduk
b. penjajahan
wilayah
c. perluasan
kekuasaan
d. perdagangan
barang
16. Pernyataan yang menunjukkan pengertian wali
yaitu . . . .
a. anak para
raja
b. ulama yang
memiliki kesaktian tertentu
c. prajurit
terpilih untuk mendirikan kerajaan Islam
d. ulama yang
menyampaikan dakwah Islam kepada masyarakat
17. Model pendidikan Islam pada masa awal yang
masih ada hingga sekarang di tanah air yaitu . . . .
a. pesantren
b. sekolah
modern
c. madrasah
d. universitas
18. Salah satu faktor yang menyebabkan Kerajaan
Samudera Pasai berkembang menjadi pusat perdagangan internasional adalah . . .
.
a. para rajanya
adil
b. penduduknya
tidak fanatik terhadap ajaran agama tertentu
c. letaknya
sangat strategis
d. jumlah
penduduknya banyak
19. Dakwah Islam telah masuk dalam wilayah Kerajaan
Mataram. Hal ini dapat dibuktikan dengan gelar salah satu Raja Mataram yang
bernama Sutawijaya yaitu . . . .
a. panembahan
ing alaga senopati panatagama
b. panatagama
panembahan senopati ing alaga
c. alaga
panembahan senopati ing panatagama
d. panembahan
senopati ing alaga sayidin panatagama
20. Salah satu kelebihan para wali dalam menyiarkan
ajaran Islam di tanah air adalah . . . .
a. semua wali turut aktif terlibat dalam
perpolitikan kerajaan-kerajaan di Jawa
b. berhasil memadukan ajaran Islam dengan adat
yang berlaku di masyarakat
c. melakukan dakwah dengan menikahi beberapa istri
d. melakukan dakwah dengan kekerasan
|
0 komentar:
Posting Komentar