Deneva Class Candi Sanggrahan | SEGENGGAM ILMU

Pages

Selasa, 04 November 2014

Candi Sanggrahan

Candi Sanggrahan

Sanggrahan 1Candi Sangrahan adalah salah satu dari karya arsitektural pada jaman kerajaan Majapahit. Walaupun ada sebagian yang rusak tetap indah di pandang dan juga di pelajari. Candi ini terletak di Desa Sanggrahan Kecamatan Boyolangu. Sekitar 5 KM dari pusat kota Tulungagung
Di kutip dari buku Serial Mengenal Benda Cagar Budaya di Tulungagung yang di terbitkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung tahun 2007, menjelaskan Candi Sanggrahan terdiri atas sebuah bangunan induk dan 2 (buah) sisa bangunan kecil lainnya. Bangunan induk berukuan panjang 12,60 m lebar 9,05 m dan tinggi 5.86 cm.
Hingga saat ini Candi Sangrahan hanya dikenal cerita rakyat versi Sinan Wijoyo Suyono, dikatakan sebagai tempat yang dipergunakan untuk beristirahatnya rombongan pembawa jenazah Gayatri (Rajapadmi). Pada masa kerajaan Majapahit pemerintahan Hayamwuruk, Jenazah Rajapadmi Gayatri dibawa dari kraton Majapahit terus dibawa ke Boyolangu Tulungagung untuk menjalani upacara pembakaran. Belakangan, abu jenazah Rajapadmi Gayatri di simpan di Candi Boyolangu di kenal dengan nama Candi Gayatri.

0 komentar:

Posting Komentar