Deneva Class OBELISK TERNAMA DI PARIS | SEGENGGAM ILMU

Pages

Selasa, 10 Maret 2015

OBELISK TERNAMA DI PARIS


travel.prwave.ro
Bukan Paris namanya jika bukan menjadi kota idaman wisatawan dunia. Salah satu kota romantis ini seakan punya magnet yang begitu kuat, baik bagi pecinta seni, pecinta kuliner hingga pecinta sejarah dunia. Uniknya lagi, kota yang memiliki puluhan bangunan megah lengkap dengan arsitektur yang indah ini juga menawarkan pemandangan indah melalui berbagai monumen indah khas Eropa yang tentunya akan menjadi salah satu spot asik Anda untuk berselfie ria. The Luxor Obelisk Monument salah satunya. Ingin tahu lebih banyak tentang slah satu monumen yang menghiasi kota romantis ini? Yuk segera simak informasi menarik berikut ini!
Selain menjadi salah satu monumen tua di Paris, The Luxor Obelisk Monument yang berdiri tegak sepanjang lebih dari 22 meter ini memiliki berat fantastik, sekitar 250 ton. Menariknya lagi, awalnya monumen ini merupakan salah satu obelisk yang diposisikan di luar kuil Luxor di Mesir,dalam kota Thebes yang kini dikenal sebagai Luxor. Kini, monumen ini berada dalam kompleks alun-alun terbesar bernama Place de la Concorde. Obelisk ini terbuat dari granit merah dan memiliki hieroglif dari Mesir yang menggambarkan aturan Ramses II dan Ramses III. Uniknya lagi, di bagian atas monumen ini terdapat penutup piramida yang didekorasi dengan gold leaf, meski ada yang meyakini bahwa yang asli telah dicuri, namun tetap tidak menyurutkan kepopuleran obelisk ini.
Anda penasaran bagaimana cerita obelisk yang identik dengan negara Mesir ini bisa sampai di Perancis? sejarah perpindahan monumen tua Paris ini erat kaitannya dengan gubernur pertama Mesir yang bernama Mehmet Ali Pasha. Kala itu sang gubernur menawarkan dua obelisk yang berada di Luxor Temple kepada Raja Charles X. Tawaran ini erat kaitannya dengan reformasi militer, budaya dan ekonomi yang terjadi di Mesir kala itu. Sayangnya, saat satupun obelisk tersebut belum mendarat di Perancis, Raja Charles X sudah turun tahta dan digantikan oleh Raja Louis Philippe.
www.flickr.com

0 komentar:

Posting Komentar