Deneva Class Cara Tidur Yang Baik Ala Rasulullah SAW | SEGENGGAM ILMU

Pages

Minggu, 15 Februari 2015

Cara Tidur Yang Baik Ala Rasulullah SAW


BacaTips.Com - Islam adalah agama yang memiliki panduan bagi pemeluknya dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari. Bahkan dalam tidur sekalipun ada panduan yang bisa ditiru, yaitu seperti apa yang dilakukan oleh manusia paling sempurna, nabi Muhammad SAW:

1. Dianjurkan tidur dalam keadaan berwudhu' sebagaimana selalu dianjurkan Rasulullah dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim (Muttafaqun 'Alaihi)

2. Tidur miring dengan menghadap kekanan, sesuai dengan hadit nabi. Dan ternyata tidur dengan menyamping ke kanan akan membuat jantung tertekan oleh paru-paru bagian kiri yang lebih kecil sehingga jantung tetap stabil.

Dua anjuran diatas yang berdasarkan Hadits nabi: "Rasulullah SAW bersabda: “Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat.

Kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu.” (HR. Bukhari dan Muslim). Dan ternyata, anjuran tidur yang disampaikan Nabi Besar tersebut memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan:

1. Posisi tidur menyamping ke kanan ternyata memang lebih baik dari dari pada telungkup. Sebab menurut Dr. Zafir al-Attar, tidur telungkup akan menyebabkan berat badan menindih dada sehingga akan membuat kesulitan bernafas. Sedangkan menurut hasil peneliti dari Autralia mengungkapkan ada peningkatan hingga 3 kali lipat saat tidur telungkup atau tengkurap. Tidur telungkup juga disebut oleh Rasulullah dalam haditsnya, sebagai tidur yang dimurkai Allah sebagaimana H.R Tirmidzi dan Ahmad-Hasan Lighairihi.

2. Posisi tidur menyamping ke kanan ternyata juga lebih bak dari pada tidur terlentang. Tidur terlentang menurut Dr. Zafir al-Attas menyebabkan seseorang bernafas melalui mulutnya, padahal bernafas menggunakan mulut tidak sebaik bernafas melalui hidung. Sebab mulut tidak memiliki filter sebagaimana hidung, sehingga kotoran dapat masuk ke paru-paru.

3. Posisi tidur menyamping ke kanan ternyata juga lebih baik dari pada tidur menyamping ke kiri. sebab tidur ke samping kiri maka paru-paru kanan yang memang lebih besar menindih ke paru-paru.

Cara tidur ala rasulullah yang didapatkan di jurnalhajiumroh.com ini pantas diikuti karena memang baik untuk kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar