Deneva Class Apa itu Telegraf? Prinsip Kerja & Sejarah Penemuan Telegraf | SEGENGGAM ILMU

Pages

Rabu, 11 Maret 2015

Apa itu Telegraf? Prinsip Kerja & Sejarah Penemuan Telegraf


telegraf
Telegraf adalah mesin yang digunakan untuk mentransmisikan pesan dalam bentuk impuls listrik yang kemudian dikonversi menjadi data.Sebuah pesan yang dikirim melalui telegraf disebut telegram atau kabelgram, sementara orang yang Telegrafi merupakan metode utama berkomunikasi dari pertengahan tahun 1800an hingga memasuki tahun 1900-an, sebelum akhirnya digantikan oleh penemuan lain seperti telepon dan internet.
Versi paling awal telegraf dikembangkan pada akhir tahun 1700-an meskipun masih sebatas konsep diatas kertas.
Dasar dari telegraf mulai muncul pada awal tahun 1800-an. Pada tahun 1837, Samuel Morse dan Alfred Vail mampu mengembangkan dan mematenkan sistem listrik untuk telegraf.
Banyak orang menganggap Morse sebagai penemu telegraf meskipun tidak begitu kenyataannya.
Penemu lain telah mematenkan berbagai versi telegraf sebelum Morse. Sejarah juga menunjukkan bahwa Alfred Vail adalah otak ilmiah dibalik telegraf.
Peran Morse sebenarnya terletak pada usahanya dalam mempopulerkan telegraf, serta mengembangkan kode yang kemudian digunakan dalam telegraf.Awalnya, mesin telegraf harus terhubung melalui serangkaian kabel agar dapat bertukar pesan.
Operator akan memasukkan pesan dalam kode Morse, sedangkan penerima akan mendapatkan pesan dalam bentuk klik yang timbul akibat dua lempeng logam yang saling berbenturan.
Dengan mendengarkan pola klik dalam bentuk kode morse, operator kemudian mencatat, menerjemahkan, dan meneruskan pesan kepada penerima.
Pada akhir tahun1800-an, telegrafi nirkabel mulai muncul sehingga pesan bisa dikirim melalui gelombang radio.
Hal ini menandai perubahan drastis dalam teknologi telegraf, sehingga orang dapat mengirim pesan ke lokasi yang tidak memiliki jaringan kabel telegraf.
Selain itu, telegraf nirkabel juga memungkinkan dilakukannya komunikasi antar kapal laut yang tidak saling terhubung dengan kabel.
Namun sekarang telegraf sudah dianggap sebagai metode yang ketinggalan jaman.
Salah satu perusahaan telegraf terkenal, Western Union, mengirimkan telegram terakhir pada tahun 2006.
Hampir semua perusahaan juga telah berhenti menawarkan layanan telegram seiring berkembangnya E-mail serta layanan sms dengan biaya lebih murah sekaligus lebih cepat.[]

0 komentar:

Posting Komentar