Deneva Class Apa Perbedaan Blu-ray & HD-DVD? Sejarah Blu-ray & HD-DVD | SEGENGGAM ILMU

Pages

Rabu, 11 Maret 2015

Apa Perbedaan Blu-ray & HD-DVD? Sejarah Blu-ray & HD-DVD


bluray1
Saat ini Blu-ray menjadi format standar untuk cakram optik definisi tinggi (high definition = HD).Namun, antara tahun 2006 dan 2008, terjadi persaingan sengit antara produsen elektronik dan studio film mengenai format mana yang akan mereka pakai.
Dua format yang bersaing pada waktu itu adalah Blu-ray dan HD-DVD.Persaingan berakhir pada 2008 ketika Toshiba Corp, salah satu perusahaan yang mengembangkan format HD-DVD mengatakan akan berhenti memproduksi HD-DVD karena kurangnya dukungan untuk format tersebut.
Latar belakang
Format disk HD telah mulai dirintis tahun 2000 ketika Sony dan Pioneer memperkenalkan DVR-Blue, sebuah DVD yang dapat menyimpan data lima kali lebih banyak dibanding DVD standar menggunakan laser biru.
Dua tahun kemudian, Sony, Pioneer, Sharp, Panasonic, dan JVC mengumumkan rencana untuk membuat format disk Blu-ray.
Dilain pihak, pada tahun 2002, Toshiba dan NEC Corp mengusulkan format blue-laser yang mirip dan dikenal sebagai HD-DVD.
Selama lima tahun berikutnya, perusahaan tersebut terus bersaing sambil terus menyempurnakan teknologi mereka.
Mitsubishi, Hewlett-Packard, Dell, Disney, Universal Music Group, dan Lions Gate Home Entertainment mengumumkan dukungan untuk Blu-ray.
Sementara Microsoft, Intel, Paramount Pictures, Universal Pictures, Warner Brothers, HBO, dan New Line Cinema mendukung format HD-DVD.
Persaingan
Karena kedua format didukung oleh perusahaan dan studio film besar, konsumen menjadi kebingungan mengenai format mana yang hendak mereka pilih.

0 komentar:

Posting Komentar