Deneva Class Apakah Iapetus? Inilah Fakta Bulan Terbesar Ketiga Saturnus | SEGENGGAM ILMU

Pages

Rabu, 11 Maret 2015

Apakah Iapetus? Inilah Fakta Bulan Terbesar Ketiga Saturnus


Iapetus Bulan Saturnus
Iapetus adalah bulan ketiga terbesar Saturnus, setelah Titan dan Rhea.Iapetus memiliki diameter 1.500 km atau sedikit lebih kecil dari bulan bumi dengan diameter 1.737 km.
Iapetus memiliki berbagai keanehan fisik yang membuatnya lebih menarik dibandingkan bulan berbatu biasa.Keanehan fisik yang paling menonjol adalah Iapetus memiliki dua warna berbeda yaitu hitam dan putih yang membuatnya dijuluki bulan Yin-Yang.
Seperti banyak bulan lainnya, Iapetus adalah “tidally locked” yang berarti sisi sama selalu menghadap planet induknya.
Dalam gerakannya di sekitar Saturnus, Iapetus kadang nampak gelap namun di lain waktu terlihat terang akibat dua zona warna yang dimilikinya.
Hal ini pada awalnya menciptakan sedikit kebingungan bagi para astronom yang melihat Iapetus seakan berkedip terang gelap.
Namun, dua warna yang dimiliki Iapetus bukanlah satu-satunya keanehan. Pengamatan lebih dekat oleh pengorbit Cassini menunjukkan bahwa satelit ini memiliki semacam punggungan bukit (ridge) yang membentang mengikuti khatulistiwanya.
Dengan tinggi rata-rata 13 km, punggungan ini membentang lebih dari 200 km, dengan puncak tertinggi mencapai ketinggian 20 km.Mengingat fakta bahwa puncak tertinggi di bulan hanya sekitar 7 km, punggungan Iapetus merupakan fenomena yang aneh.
Berbagai teori diajukan untuk menguraikan asal-usulnya, namun belum ada satu pun yang terkonfirmasi.
Iapetus diamati dari jarak dekat oleh pesawat ruang angkasa Cassini pada tanggal 10 September 2007, yang terbang pada ketinggian sekitar 1.640 km dari permukaannya dan mengambil gambar resolusi tinggi atas punggungan khatulistiwa dan zona terang gelap.
Iapetus merupakan salah satu satelit luar Saturnus, membuatnya tidak biasa karena berukuran besar. Satelit besar Saturnus lainnya terletak jauh lebih dekat (lebih dalam) dengan planet ini.
Iapetus juga memiliki orbit yang sangat eksentrik, yaitu memotong cincin saturnus dari atas ke bawah.
Karena itu, Iapetus menjadi tempat pengamatan yang baik dimana cincin Saturnus akan terlihat jelas.
Bulan Saturnus lainnya mengorbit searah dengan cincin sehingga dari sana cincin tidak akan nampak terlalu jelas.[]

0 komentar:

Posting Komentar