Deneva Class Apakah Enceladus? Simak Fakta Bulan Terbesar Keenam Saturnus | SEGENGGAM ILMU

Pages

Rabu, 11 Maret 2015

Apakah Enceladus? Simak Fakta Bulan Terbesar Keenam Saturnus


Enceladus-Bulan Saturnus
Enceladus adalah bulan keenam terbesar milik Saturnus.Enceladus memiliki albedo sebesar 100%, yang berarti memantulkan hampir semua cahaya yang mengenainya sehingga permukaannya tampak berwarna putih dengan formasi strip biru.
Beberapa fotografi ruang angkasa paling fantastis berfokus pada Enceladus yang berada di antara cincin Saturnus.Enceladus mendapatkan namanya dari nama seorang Titan dalam mitologi Yunani.
Enceladus berukuran kecil dengan diameter sekitar 504 km. Ukuran yang kecil membuatnya berbentuk tidak sebulat objek ruang angkasa lain yang berukuran lebih besar.
Sampai pesawat ruang angkasa Voyager 1 dan Voyager 2 berhasil terbang melintasi Saturnus, sangat sedikit yang diketahui tentang Enceladus karena hanya muncul sebagai titik pada teleskop paling kuat.
Gambar dan pengukuran yang berhasil diambil oleh kedua wahana tanpa awak tersebut memberi ilmuwan lebih banyak informasi tentang Enceladus serta bulan Saturnus lainnya.
Enceladus memiliki bagian permukaan yang hampir tidak memiliki kawah. Benda antariksa ini memiliki geografi permukaan dengan usia sangat beragam, dengan beberapa daerah masih berusia muda atau sekitar 100 juta tahun.Enceladus secara geologis cukup aktif, sebagaimana ditemukan oleh pesawat ruang angkasa Cassini yang mengeksplorasi Saturnus dan bulan-bulannya pada awal hingga pertengahan tahun 2000-an.
Segumpal air juga teramati dengan panas memancar keluar serta bagian kutub selatan yang memiliki sedikit kawah.
Enceladus kemungkinan menjadi sumber utama partikel pada cincin terluar Saturnus, atau cincin E yang nampak berdebu dan samar.
Debu ini mungkin berasal dari aktivitas cryovolcanic di Enceladus. Karena kecepatan untuk melepaskan diri dari gravitasi Enceladus hanya 866 km/jam, sebagian debu ini terlepas ke ruang angkasa saat terjadi letusan berkekuatan besar.
Enceladus memiliki banyak fitur tektonik yang awalnya ditemukan oleh Voyager 2, termasuk pegunungan, lembah, dan parit.
Beberapa lembah yang ditemukan ada yang memiliki panjang sampai 200 km, lebar 5-10 km, dengan kedalaman 1 km.[]

0 komentar:

Posting Komentar