Deneva Class Apa itu Planet Katai? Definisi & 5 Benda Angkasa Anggotanya | SEGENGGAM ILMU

Pages

Rabu, 11 Maret 2015

Apa itu Planet Katai? Definisi & 5 Benda Angkasa Anggotanya


Planet katai
Planet katai atau planet kerdil (dwarf planet) adalah kategori baru benda angkasa yang ditetapkan oleh International Astronomers Union pada tahun 2006.Planet katai merupakan benda angkasa berukuran cukup besar sehingga berbentuk seperti bola, mengorbit matahari, namun bukan merupakan satelit.
Faktor penting yang membedakan planet dengan planet katai adalah bahwa planet harus mampu membersihkan wilayah orbitnya dari puing-puing dan objek lainnya, dimana planet katai tidak mampu melakukannya.Ketika kategori planet katai ditetapkan, lima benda angkasa segera diklasifikasikan ke dalamnya yaitu Ceres, asteroid terbesar; Pluto, yang berada di sabuk Kuiper, diturunkan statusnya dari planet; Eris, sebuah objek amat jauh dengan orbit melampaui Pluto; Makemake, dengan diameter dua-pertiga Pluto; dan Haumea, terletak di luar orbit Neptunus dengan massa sepertiga Pluto.
Penemuan Eris adalah satu satu pendorong International Astronomers Union untuk mendefinisikan ulang istilah “planet.”
Meskipun bernama “planet katai”, objek ini tidak dianggap sebagai bagian dari planet, melainkan termasuk dalam kategori yang berbeda sama sekali.Objek yang berukuran lebih kecil dari planet katai dan tidak berbentuk bulat disebut sebagai benda tata surya kecil yang mencakup komet dan asteroid.
Meskipun baru tiga planet katai yang diakui, astronom menduga terdapat setidaknya 200 objek lain yang tersebar di pelosok tata surya.
Terdapat banyak calon potensial planet kerdil yang harus dipelajari lebih detail untuk mengkonfirmasi status mereka.
Agar bisa berbentuk seperti bola, suatu benda angkasa harus memiliki diameter minimal 400 km.
Terdapat banyak objek trans-Neptunus dengan diameter lebih besar dari 400 km, diantaranya adalah Varuna, Orcus, Ixion, Quaoar, dan beberapa lainnya.
Meskipun diameter objek tersebut bisa diperkirakan, namun lebih sulit untuk memperkirakan apakah mereka berbentuk bola atau tidak.
Letak yang amat jauh dan ukuran yang relatif kecil berarti dibutuhkan teleskop kuat untuk mengetahui bentuk berbagai objek tersebut.
Terdapat pula beberapa asteroid besar yang berpotensi menjadi planet katai seperti Vesta, Pallas, dan Hygiea, yang merupakan asteroid terbesar kedua, ketiga, dan keempat setelah Ceres.[]

0 komentar:

Posting Komentar