Deneva Class Fakta Satelit Saturnus: Berapakah Jumlah Bulan Saturnus? | SEGENGGAM ILMU

Pages

Rabu, 11 Maret 2015

Fakta Satelit Saturnus: Berapakah Jumlah Bulan Saturnus?


Bulan Saturnus
Saturnus, planet kedua terbesar di tata surya dan keenam terjauh dari matahari, memiliki 60 bulan yang sudah diketahui.Jumlah ini hanya tiga lebih sedikit dibandingkan Jupiter yang memiliki 63 bulan.
Tujuh bulan Saturnus berukuran cukup besar dan berbentuk seperti bola. Mereka adalah Titan, Tethys, Dione, Rhea, Iapetus, Mimas, dan Enceladus.Lima bulan Saturnus ditemukan dalam abad pertama setelah penemuan teleskop.
Titan adalah bulan pertama yang ditemukan oleh astronom Belanda, Christiaan Huygens, pada tahun 1655.
Penemuan Titan diikuti oleh penemuan Tethys, Dione, Rhea, dan Iapetus antara tahun 1671 hingga 1684 oleh astronom Italia, Giovanni Cassini.
Sebuah pesawat ruang angkasa tanpa awak yang tiba di sistem Saturnus pada tahun 2004 bernama Cassini untuk menghormatinya.
Pada tahun 1789, Mimas dan Enceladus, bulan besar yang tersisa, ditemukan oleh William Hershel.
Sejak saat itu, 53 bulan tambahan telah ditemukan di sekitar Saturnus, melalui kombinasi penggunaan plat fotografi eksposur panjang, pesawat antariksa, dan teleskop modern.
Saturnus juga menjadi induk bagi setidaknya delapan “moonlets” dengan diameter beberapa ratus meter, dan diperkirakan terdapat ribuan lagi yang belum ditemukan.Saturnus dikelilingi oleh berbagai lapisan cincin yang terdiri dari debu dan batuan yang berukuran mulai dari nanometer hingga puluhan jika tidak ratusan meter.
Bulan Saturnus yang paling terkenal adalah Titan, yang memiliki diameter 5151 km, membuatnya sebagai bulan kedua terbesar di tata surya, hanya sedikit lebih kecil dari Ganymede, bulan milik Jupiter.
Titan berukuran cukup besar untuk mempertahankan atmosfernya sendiri, satu-satunya bulan di tata surya yang mampu melakukannya.
Atmosfer Titan terdiri dari dari hidrokarbon dan lebih padat dari atmosfer bumi.
Pada tahun 2004, pengorbit Cassini menjatuhkan wahana pengamat Huygens ke atmosfer Titan, yang menjadi wahana manusia pertama yang mendarat di salah satu bulan tata surya, selain bulan bumi.
Bulan lain Saturnus yang juga menarik adalah Iapetus, kadang-kadang disebut bulan “yin-yang”, karena memiliki dua sisi warna terang-gelap yang berbeda.
Iapetus juga memiliki punggungan tidak biasa yang mengelilingi ekuatornya, dengan tinggi mencapai 10 km.[]

0 komentar:

Posting Komentar