Deneva Class Mengganti Desktop dengan Laptop? 5 Faktor Pertimbangannya | SEGENGGAM ILMU

Pages

Rabu, 11 Maret 2015

Mengganti Desktop dengan Laptop? 5 Faktor Pertimbangannya


laptop vs desktop
Ketika komputer desktop Anda rusak, Anda tentu ingin segera mencari penggantinya.Mengganti desktop dengan laptop merupakan pilihan menggoda. Laptop menawarkan portabilitas dan keluwesan.
Namun, terdapat beberapa faktor lain yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengganti desktop dengan laptop.Meskipun tampak menggoda, tidak lantas desktop otomatis bisa diganti dengan laptop untuk memenuhi kebutuhan Anda.
Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan mengganti dekstop dengan laptop.

1. Harga Versus Kemampuan

Tidak ada perbedaan kemampuan kinerja mencolok antara desktop dan laptop jika digunakan sebagian besar untuk menjalankan program office atau browsing internet.
Namun, jika Anda berniat menjalankan program yang memerlukan sumber daya intensif seperti mengedit grafis, audio atau video, maka lebih baik Anda tetap menggunakan desktop.
Sebuah laptop dengan kemampuan tinggi, kemampuan grafis 3D, dan layar resolusi tinggi akan berharga jauh lebih mahal dibandingkan desktop dengan spesifikasi yang sama.

2. Ergonomi

Jika berniat komputer dalam waktu lama setiap harinya, Anda perlu memastikan komputer yang Anda pakai senyaman mungkin dan tidak berefek buruk pada kesehatan.
Laptop sering disebut kurang ergonomis dibandingkan desktop.
Menurut Web Ergonomi Cornell University, “… jika keyboard laptop pada posisi yang optimal bagi pengguna, maka layar tidak optimal. Sebaliknya, jika layar berada pada posisi optimal, maka keyboard tidak.”Akibatnya, laptop tidak bisa memenuhi semua unsur ergonomi sebagaimana yang dimiliki desktop.
Kompromi bisa dicapai dengan menggunakan keyboard eksternal dan mouse saat memakai laptop di rumah sehingga Anda memiliki fleksibilitas mengatur letak layar dan keyboard pada posisi yang paling ergonomis.

3. Konsumsi Energi

Biaya tahunan listrik yang dikonsumsi komputer bukanlah hal yang sepele.
Desktop rata-rata mengonsumsi daya lebih tinggi dibandingkan laptop sehingga layak jadikan sebagai salah satu pertimbangan.
Menurut sebuah penelitian, laptop dapat menghemat rata-rata 80% energi listrik dan 32% total biaya kepemilikan.

4. Kustomisasi dan Upgrade

Jika Anda perlu menambah memori atau peripheral lain, maka desktop menawarkan kemudahan lebih besar dibandingkan laptop.
Harga komponen deskop juga relatif lebih murah dibanding laptop dengan spesifikasi yang sama.

5. Risiko Kerusakan

Anda tentu ingin komputer Anda bertahan selama mungkin.
Laptop dikenal lebih rentan terhadap kerusakan akibat kecelakaan – seperti terkena tetesan air atau tumpahan minuman, atau bahkan terjatuh saat dibawa.
Di lain pihak, desktop cenderung hanya ditempatkan di satu posisi sehingga memiliki risiko kerusakan akibat kecelakaan yang lebih kecil.[]

0 komentar:

Posting Komentar