Deneva Class Prinsip Blu-ray: Bagaimana Cara Kerja Blu-ray Player? | SEGENGGAM ILMU

Pages

Rabu, 11 Maret 2015

Prinsip Blu-ray: Bagaimana Cara Kerja Blu-ray Player?


blu-ray
Perbedaan utama antara Blu-Ray dengan DVD player adalah Blu-Ray menggunakan laser optik biru bukan laser merah seperti yang digunakan oleh DVD player.Laser biru memiliki panjang gelombang lebih kecil dari laser merah (405 nanometer, dibandingkan dengan 650 nanometer pada laser merah), sehingga memungkinkan fokus lebih tepat yang pada akhirnya mampu membaca data yang tersimpan dalam paket yang lebih kecil.
Panjang gelombang yang lebih kecil dikombinasikan dengan ukuran paket data yang juga lebih kecil memungkinkan tidak hanya data yang disimpan lebih besar melainkan juga kecepatan pembacaan juga bertambah.Konstruksi Disk Blu-Ray
Karena perbedaan jenis laser yang digunakan, disk Blu-ray juga berbeda dengan DVD biasa.
DVD memiliki lapisan data yang terdapat di antara dua lapisan plastik polikarbonat, sedangkan disk Blu-Ray memiliki lapisan data di atas lapisan polikarbonat tunggal.
Lapisan pelindung kemudian ditempatkan di atas lapisan data untuk melindunginya dari goresan dan sidik jari.Menempatkan data di atas lapisan polikarbonat tunggal membuat disk Blu-ray dibaca lebih mudah oleh Blu-ray player sementara mencegah kesalahan yang salah satunya disebabkan lapisan disk yang tidak rata.
Membaca Disk Blu-Ray
Ketika disk Blu-ray dimasukkan ke Blu-ray player, laser akan memindai paket data di dekat pusat disk untuk mendapatkan semua informasi dasar yang diperlukan untuk memutar disk.
Data ini juga berisi informasi tentang bagaimana disk dienkripsi (diberi sandi), kemudian membuka sandi untuk selanjutnya membaca data yang terdapat di dalamnya.
Data yang dienkripsi umum dilakukan oleh studio film dam musik untuk mencegah pembajakan.
Setelah player memiliki data yang diperlukan dan rincian enkripsi, disk kemudian dapat dimainkan (dibaca). Paket-paket data kemudian dikonversi menjadi video digital atau informasi audio.
Informasi ini kemudian dikirim ke perangkat televisi atau monitor yang terhubung ke Blu-ray player menggunakan koneksi kabel HD.[]

0 komentar:

Posting Komentar