Deneva Class Fakta Menarik tentang Columbus | SEGENGGAM ILMU

Pages

Selasa, 24 Februari 2015

Fakta Menarik tentang Columbus


1. Diyakini bahwa Christopher Columbus lahir pada tahun 1451 di Genoa, Italia. Berasal dari keluarga kelas menengah, dia pada awalnya bekerja dengan ayahnya di pembuatan keju.
Columbus lantas belajar di Prince Henry’s School of Navigation, yang terletak di Portugal.
2. Nama asli Columbus adalah Cristoforo Colombo. Christopher Columbus adalah nama Anglican dari nama Italianya.
Dalam bahasa Spanyol, nama Columbus menjadi Cristóbal Colón, yang menurut sebagian besar sumber menjadi panggilan saat dirinya menetap di Spanyol.
3. Columbus memiliki mata berwarna terang dan rambut kemerahan. Anak Columbus, Ferdinand, menggambarkan ayahnya sebagai seseorang dengan perawakan yang baik, lebih tinggi dari rata-rata, dan memiliki lengan kuat.
Ferdinand lebih lanjut mengatakan bahwa rambut Columbus pirang sampai usia tiga puluh tahun dan setelah itu berubah menjadi putih. Ironisnya, tidak terdapat potret otentik miliknya.
4. Sebagai seorang remaja, Columbus ambil bagian dalam pelayaran perdagangan ke Mediterania dan Laut Aegean.
5. Pada tahun 1470, dia bekerja di sebuah kapal Genoa untuk membantu Rene I, Duke of Anjou, dalam misinya untuk menaklukkan Kerajaan Naples.
Pada tahun 1473, Columbus menjabat sebagai agen bisnis untuk keluarga Centurione, Spinola dan Di Negro di Genoa.
6. Salah satu pelayaran awalnya dari tahun 1474-1475 ke pulau Chios telah membawanya dekat dengan Asia.
7. Tahun berikutnya, dia berlayar melalui Selat Gibraltar. Ini adalah perjalanan pertamanya ke Atlantik.
Pada pelayaran tahun 1476, dia diserang oleh kapal Perancis. Kapalnya dibakar dan Columbus harus berenang ke Portugal. Di sana dia pergi ke Lisbon (ibukota Portugal).
8. Pada tahun 1477, Columbus mengunjungi Galway. Di situ dia dihadang dalam perjalanan ke Islandia.
9. Columbus lantas kembali ke Portugal dan menetap di sana. Dia menikah dengan Felipa Perestrelo, putri Bartolomeo Muniz de Perestrelo, seorang pelaut Italia. Mereka memiliki seorang putra pada tahun 1480.
Dari pernikahan kedua dengan Beatriz Enriquez de Arana, Columbus memiliki seorang putra lagi bernama Ferdinand yang lahir tahun 1488.
10. Setelah menikahi Felipa, Columbus bekerja sebagai juru gambar, membuat ilustrasi buku, dan membuat globe terestrial.
Dia menggambar grafik dan peta, serta mengumpulkan bahan untuk studi geografis.
Vespucius dikatakan telah membayar 130 dukat (setara dengan $500 saat ini) untuk satu peta buatan Columbus.
11. Pada tahun 1480, Columbus, dengan bantuan saudaranya, memiliki rencana untuk melakukan perjalanan ke Hindia, yang meliputi bagian selatan dan timur Asia, dengan menyeberangi Atlantik.
12. Columbus mungkin meremehkan ukuran diameter bumi sesungguhnya dan berpikir akan dengan mudah mencapai Asia dengan berlayar melintasi Atlantik.
Menariknya, Columbus telah menghitung lingkar bumi hanya sepanjang 25.255 kilometer.
13. Sebelum Columbus melakukan perjalanan ke Hindia, orang Eropa percaya bahwa perjalanan ke arah barat sangat berisiko dan pasti akan berakibat fatal.
Spanyol ingin mencapai supremasi atas negara-negara Eropa lain dan karenanya raja Spanyol siap mendukung rencana Columbus dan mendanai pelayaran Columbus yang bertujuan menemukan rute ke Asia.
14. Columbus memulai pelayaran pertamanya pada tanggal 3 Agustus 1492. Dia bertolak dari Palos de la Frontera dengan sebuah kapal (Santa María) dan dua caravel (La Niña dan La Pinta).
Dia berlayar terlebih dahulu ke Kepulauan Canary. Columbus didampingi oleh sekitar 90 awak kapal dengan kebanyakan berasal dari Spanyol.
15. Dengan daratan yang hilang dari pandangan dan tidak ada jaminan apakah mereka akan kembali, awak kapal menjadi panik. Mereka merasa Columbus tidak menyampaikan seberapa jauh mereka berlayar.
16. Pada tanggal 12 Oktober 1492, salah satu awak yang menyertai Columbus melihat sepetak daratan yang kini menjadi bagian dari Bahama.
Columbus menamai daratan itu ‘San Salvador’ (Kristus Sang Juru Selamat). Menurut catatannya, penduduk pulau itu “ramah dan lembut”.
17. Columbus juga mengunjungi Kuba dan Hispaniola. Kuba lantas diklaim menjadi koloni Spanyol.
18. Kapal Santa Maria rusak di dekat Hispaniola. Columbus lantas menumpang La Niña untuk kembali ke Spanyol dan tiba pada tanggal 15 Maret 1493.
Dia diyakini menawarkan Ferdinand dan Isabella (raja dan ratu Spanyol) emas dan budak jika kembali mensponsori pelayaran berikutnya.
19. Pelayaran kedua Columbus dimulai pada September 1493. Pada bulan Oktober tahun itu, dia bersama dengan 17 kapal yang membawa lebih dari 1.000 orang meninggalkan Kepulauan Canary.
Kali ini Columbus juga membawa berbagai hewan peliharaan seperti babi, kuda, dan sapi.
Dia menjelajahi sejumlah pulau seperti Guadalupe, Montserrat, Redondo, dan Antigua selama perjalanan.
20. Apakah Columbus bersalah atas genosida? Setelah tiba di suatu tempat di Amerika Selatan, Columbus disambut oleh Arawak (istilah yang digunakan untuk orang-orang yang mendiami daerah itu).
Dia tertarik dengan emas yang mereka kenakan dan didorong oleh keserakahan untuk memperolehnya, Columbus dikatakan menganiaya dan memperbudak mereka.
21. Columbus diyakini mengancam dan menghukum orang Arawak dan berhasil mengontrol mereka.
Sebagian meyakini telah terjadi pembunuhan massal yang sekarang dikenal sebagai genosida.
22. Kebenaran atas cerita ini masih diperdebatkan dengan sejarawan dan penulis belum mencapai kata sepakat.
23. Selama perjalanan ketiga yang dimulai pada bulan Mei 1498, Columbus menjelajahi Teluk Paria dan melakukan perjalanan ke Chacachacare dan Kepulauan Margarita.
24. Columbus melakukan pelayaran keempatnya untuk mencari Selat Malaka. Kali ini, saudaranya Bartolomeo menemaninya.
Mereka harus mengatasi banyak bencana alam selama perjalanan. Kapal mereka pernah terdampar di Jamaika selama satu tahun. Dia kembali ke Spanyol dengan rombongannya pada November 1504.
25. Terdapat cerita menarik tentang bagaimana Columbus, dengan cara yang kreatif, berhasil membuat telur berdiri di ujungnya.
Selama makan malam dengan beberapa bangsawan Spanyol, salah satu dari mereka merendahkan keberhasilan Columbus menemukan Amerika.
Dia memilih untuk tidak bereaksi dan meminta telur sebagai gantinya. Columbus menantang para bangsawan untuk membuat telur berdiri pada ujungnya.
Ketika semua orang gagal, dia mengetuk telur di atas meja, memecahnya sedikit untuk kemudian membuatnya berdiri.
26. Seiring waktu, Columbus menjadi lebih relijius. Dia mengaku mendengar suara-suara ilahiah. Sampai kematiannya, Columbus percaya bahwa dia telah melakukan tur ke Asia selama pelayarannya yang melegenda itu.
27. Columbus meninggal karena sindrom Reiter pada 20 Mei 1506.
28. Penjelajah Italia, Amerigo Vespucci, menunjukkan bahwa Brazil dan Hindia Barat bukan bagian dari Asia seperti yang diperkirakan Columbus.
Vespucci menunjukkan fakta bahwa wilayah yang ditemukan Columbus adalah sebuah benua yang terpisah, yang kemudian dikenal sebagai ‘America’, yang diambil dari nama Vespucci

0 komentar:

Posting Komentar